logo
Yonif 413/Raider

Geladi Posko Yonif Mekanis 413 Kostrad

Geladi Posko Yonif Mekanis 413 Kostrad

Pendiv2 – Guna menyiapkan Satuan tempur yang terlatih serta profesional dalam melaksanakan tugas yang akan dihadapi dilapangan, Yonif Mekanis 413 Kostrad melaksanakan latihan Gladi Posko-I Tahun 2017, Sukoharjo, Kamis (15/6).

Bertempat di Gedung Serba Guna Mayonif Mekanis 413 Kostrad, Komandan Brigif Mekanis 6 Kostrad, Kolonel Inf Anhar Premana melalui apel kesiapan membuka secara langsung latihan gladi posko I Tahun 2017 yang juga dihadiri oleh Kasbrigif Mekanis 6 Kostrad serta Para Komandan Satuan Jajaran.

Dalam amanatnya, Kolonel Inf Anhar Premana menyampaikan bahwa Gladi Posko-I ini merupakan salah satu metode latihan prosedur hubungan Komando dan Staf dengan sistem pola kerja Satuan setingkat Batalyon. Latihan ini bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan komando dan staf untuk merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah setempat.

“Dengan demikian, latihan ini merupakan upaya mengaplikasikan rencana operasi dengan protap Satuan dan menguji komando, kendali, komunikasi, komputerisasi dan konfirmasi dalam pelaksanaan tugas operasional di lapangan sehingga dapat dilaksanakan secara optimal”, ujar Anhar.

Sebagai prajurit yang profesional dibutuhkan program latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Upaya meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan, karena tugas yang dihadapi ke depan akan semakin komplek.

Sedangkan sasaran geladi posko yang harus dicapai yaitu para prajurit mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan, terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, terlaksanakannya komando, kendali komunikasi dan informasi secara optimal dan untuk mencapai tujuan dan sasaran gladi posko maka sekenario latihan harus dapat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan.

Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan.

Geladi Posko Yonif Mekanis 413 Kostrad (1) Geladi Posko Yonif Mekanis 413 Kostrad (2) Geladi Posko Yonif Mekanis 413 Kostrad (3) Geladi Posko Yonif Mekanis 413 Kostrad (4)

Click untuk meninggalkan Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yonif 413/Raider

More in Yonif 413/Raider

Banner-lapangan-Hitam-KOreksi-Kasdiv

MEDIA ONLINE

Copyright © 2016 Staf Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close
WEBSITE RESMI DIVISI INFANTERI 2 KOSTRAD
SELAMAT DATANG, DUKUNG KAMI DENGAN LIKE & FOLLOW